Jawa Barat,  Review

Nyobain Es Kopi Susu Mak Santi di Noka Coffee

Sepanjang perjalanan mencoba kopi – khususnya es kopi susu- di Bandung, baru kali ini terenyuh dengan nama menu yang luar biasa. Adalah Kopi Susu Mak Santi yang membuat orang-orang bertanya ada apa di balik es kopi susu ini. Bukan hanya Mak Santi, Kopi Susu Pak Tumino, kopi susu Mas Sur, dan kopi susu Pak Agung juga menjadi keunikan di Noka Coffee.

Sebagai wujud apresiasi petani kopi Indonesia, Noka abadikan petani sebagai nama produknya. Keempat nama itu merupakan petani kopi yang berasal dari Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Sumatera. Seperti Pak Tumino dan Mas Sur dari Kerinci, sedangkan Pak Agung dan Mak Santi dari Sungai Penuh.

Kali ini, aku mencoba kopi susu Mak Santi. Kata CEO sekaligus co-Founder Noka, Panji Abdiandra, kopi susu Mak Santi ini yang rasa kopinya paling ringan dibanding dengan kopi susu petani lainnya. Kalau yang lain berasal dari biji robusta, katanya.

View this post on Instagram

•Mak Santi• . Hola! Seperti yang Nōka janjikan kemarin, hari ini Nōka akan mulai cerita tentang petani yang hasil jerih payahnya bisa mulai teman-teman nikmati mulai Rabu depan . OK ladies first yaa.. Petani jagoan Nōka yang pertama adalah @shantiefortia . Emak-emak beranak tiga ini seorang petani di Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci. Nama Mak Santi cukup terkenal di kalangan komunitas / organisasi kopi indonesia. Beliau pernah menorehkan beberapa prestasi: seperti di tahun 2017 beliau masuk dalam kategori finalis kontes kopi specialty Arabica dengan membawa nama koperasi petani kota Sungai Penuh. Ia juga pernah menjadi runner up kontes kopi specialty Robusta di Yogyakarta 2018 lalu . Mak Santi ini salah satu petani perempuan yang mempunyai pengaruh sosial yang besar bagi petani Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci. Sebelum kedai kopi kekinian se-booming hari ini, beliau dengan ikhlas mengedukasi beberapa petani binaan setempat untuk bisa memetik dan menjaga kualitas kebun kopi Kerinci. Empat tahun mewadahi petani kopi, sekarang beliau mulai bisa menikmati hasil kerja keras beliau dan komunitas PENGOPI (Penggiat dan Pecinta Kopi). Kopi Arabica honey process budidaya Mak Santi begitu digemari penikmat kopi lokal dan internasional lho 😍 . Penasaran dengan rasa kopi Mak Santi? Mulai pasang reminder dari sekarang ya, Nokas: . @Noka.Coffee  Buka Setiap Hari 07:00 – 22:00 (Soft Opening Rabu 11 Maret 2020) Jl. Bali No.15A, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Jabar (sebelah Taman Musik & SMA 5) . #kopi #indonesiancoffee #kerinci #kopikerinci #kulinerbandung #bandung #bandungculinary #bandungfoodhunter #streetfood #travelfood #indonesiaculinary #makandibandung #brojajan #foodgrambdg #bandungeaters . 📸 @aan_unchu

A post shared by N Ō K A (@noka.coffee) on

Bukan tanpa alasan kopi Kerinci menjadi starting point Noka. Dalam rentang waktu 2015 – 2017 ternyata Panji fokus berbisnis biji kopi Kerinci di hulu, menghubungkan para petani dengan pembeli seantero Indonesia dan pasar global. Keren banget! Bahkan, Panji juga sudah meraih titel Certified Roaster dari SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia).

Panji juga telah memutus 7 rantai pendistribusian kopi sehingga specialty coffee ini murah meriaah! Gimana enggak murah, kopi susu para petani ini dibanderol Rp 15,000 aja 🙂 Padahal biasanya specialty coffee ini suka mahal lho. Kalau di sini sih beda.

Jadi, kopi susu Mak Santi dan kawan-kawan ini merupakan campuran antara coldbrew, susu, dan gula. Mereka juga punya Kopi Susu Noka Signature yang kopinya dari espresso. Itu bedanya.

Fakta selanjutnya, Pak Tumino, Mak Santi, dan para petani Kerinci ini sudah lama berkontribusi ke roda perekonomian daerah karena kualitas biji kopinya yang stabil hingga digemari pasar ekspor. Lalu Panji berpikir, alangkah baiknya jika customer bisa mengenal mereka dan memberikan apresiasi.

“Menjadi petani adalah peluang kerja yang sangat potensial untuk anak muda, maka dari itu kami ingin hadirkan petani-petani yang sudah sukses di Indonesia agar bisa menginspirasi anak muda untuk lebih menghargai profesi dan semoga bercita-cita jadi petani,” .

Tahu enggak sih kalau Noka juga tengah membuat sistem dimana pelanggan dapat memberikan tip untuk petani yang mereka gemari produknya – jadi bukan hanya barista yang kecipratan uang! Wah, ide baik dan mulia~ Sukses Noka Coffee 🙂

Price Kopi Susu Mak Santi : Rp 15,000

Lokasi : Jalan Bali no. 15a Kota Bandung

Patokan : SMAN 5 Bandung, Taman Musik, Centrum Million Balls

Highlight : Ada varian kopi dan non kopi. Rekomendasi, cobain Kopi Susu keempat petani. Non Kopi, cobain Noka Milk Tea Kajoe Aro!

BACA JUGA : Tempat Ngopi di Bandung Cocok Buat Nugas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *