Cara Keluar dari Changi Airport (Plus Cara Naik Transportasi Umum)

Cara Keluar dari Changi Airport (Plus Cara Naik Transportasi Umum)

Rasanya Singapura (biasanya) menjadi destinasi pertama para pelancong yang hendak pergi ke luar negeri. Biasanya lho ya~ Selain menjadi jarak terdekat, negara kecil ini terbilang maju dan sungguh mudah dicapai baik lewat jalur laut (ferry) dari Pulau Batam, atau jalur udara memakai pesawat.

Perjalanan saya yang hanya berniat satu hari (fathia’s on budget) yang tadinya mau extend  tapi gak jadi, tetap pada niat awal hanya satu hari memang bikin pemilik hostel melongo. “One day?” kata teteh hostel pas saya check in. “Ya, only one day, hihi”.

Datang ke Changi sekitar jam 12.00 an dan berkutat di Changi hampir dua jam karena mau keluar bandara aja lumayan susah. (haha). Setelah searching dan tanya sana-sini akhirnya bisa keluar juga. Ya! Kamu bisa keluar pakai skytrain  yang akan menyambung ke terminal MRT. Di sana kamu bisa beli tiket dari ticket machine yang mana self-ticketing atau ke passenger service beli kartu Ez-link. Sebenarnya pakai kartu itu lebih mudah karena tinggal tap tap saja. tapi yaa lumayan mahal juga karena harus beli SGD 12 atau Rp 120.000 an dan yang bisa dipakai Cuma SGD 7 saja. bahkan kalau isi kartunya sudah mendekati SGD 3, kadang minta top up -___-

Atau kalau emang berniat buat keliling Singapura sih beli Singapore Tourist Pass aja. Ada yang buat 3 Days, harganya sampai Rp 300.000an lah ya tapi unlimited access dan bisa ke akses ke beberapa tempat main gitu. Kamu bisa beli di Changi Recommend.

IMG_9751
Bus tingkat di Singapura

Changi Recommend

Jadi, setelah keluar ambil bagasi dan scanning, di luar kamu bisa lihat stand Changi Recommend yang gak gede-gede amat dan cuma dijaga sama cici-cici satu orang sahaja! Agak kesel juga karena yang antri lumayan banyak dan cici-cici counternya cuma satu.  Di sana kamu bisa beli kartu SIM lokal merek Digi dan Singapore Tourist Pass (STP). STP ini bisa digunakan untuk perjalanan transportasi publik di Singapura. Enak banget sih transportasi di sini. Jadi gak nyesel juga sebenernya kalau beli. Semua mudah dicapai.

Beda lagi kalau kamu mau beli Ez-Link, kartu MRT yang bisa untuk bayar Bus juga, belinya di terminal MRT. Kalau dari bandara, cari aja Sky train to terminal mrt. Sebenernya mudah karena banyak plang/sign nya gitu. Tetapi, karena kemarin diri ini blank dan gatau apa-apa jadi muter-muter sana-sini googling dan tanya ke information services. Takutnya naik sytrain bayar padahal ngga guys! Jadi intinya, kalau naik transportasi dari Changi yang menghubungkan ke transportasi lain, gratis! Selama dari Bandara Changi.

Akhirnya, kita sampai di Terminal 2 MRT dan beli Ez-link. Lalu naik MRT dan mempelajari dimana kita harus turun. Bodornya (lucunya), kita sampai ga keluar karena bingung turun dimana dan MRT nya udah dua kali balikan gitu sampai ke Changi lagi (HAHA). Jadi ceritanya kita (aku dan temanku) mengandalkan Google Maps pake banget. Setelah itu kita sadar bagaimana cara membaca peta dan MRT, jadi, turunlah kita di stasiun sambungan.

IMG_9738
para disabilitas dengan nyaman memanfaatkan bus umum.

Cara Baca Peta MRT Singapura

Warna-warna line itu penting banget dipelajari. Sebab, ada warna hijau, merah, dll. Jadi ada saatnya dimana kita harus ganti line dan harus pindah MRT. Ada juga yang emang searah aja gitu. Jadi misal kita mau ke Cicaheum dari Leuwi Panjang. Sedangkan Leuwi Panjang adalah stasiun yang menghubungkan hingga  Setiabudi dan berwarna hijau. Tetapi, Cicaheum itu termasuk line merah. Jadi gimana dong?

Lihat baik-baik, ada perintah kita harus turun dan menyambung MRT untuk ke Cicaheum. Misal, kita harus turun di stasiun Buah Batu  dan naik ke line merah supaya nanti tersambung sampai Cicaheum. MISALNYA.  Tapi kalem guys, kamu gausah ragu cari-cari dimana MRT nya  karena kamu tinggal turun dari MRT line hijau dan maju beberapa langkah ke depan sudah ganti Line untuk ganti kereta nya aja haha. Gausah sampai keluar stasiun tersebut. Jadi intinya, semua sudah tersambung rapi!

Begitupula naik bus di sini. Kamu harus menunggu di halte tentunya dan gak bisa turun gitu aja sembarangan ya. Kamu harus memencet tombol stop sebelum halte tujuan kamu. Jadi, lagi-lagi, google maps penting banget. Dia ngasih tahu stasiun apa aja yang bakal dilewatin. Misal kita mau ke Orchard Road dari halte Aft Allenby Rd. Di Maps dia bakal ngasih tahu ada 7 halte yang bakal dilewatin. Jadi pas udah satu halte lagi, kamu siap-siap pencet tombol stop. Enaknya bis, kamu bisa langsung menyambangi tempat tersebut dengan dekat. Kalau MRT belum tentu karena terminalnya ya gak di jalan raya juga. Tapi kerennya, sebagian terminal MRT masuk ke Mall-mall guys,  semua terhubung dengan sempurna.

IMG_9635
Suasana di MRT dari Changi

Mengapa mereka bisa se-bersih itu? Setiap di transportasi umum mereka dilarang makan dan minum. Suatu hari di MRT dari Changi, ada 3 orang warga negara Indonesia yang dengan santainya makan pie. Lalu sekelilingnya memang tidak ada yang peduli. Lalu tiba-tiba warga negara Singapura yang baru saja masuk langsung menegur,”hey hey no food no food”.

Alhasil si emak-emak Indonesia tersebut langsung bilang maaf “oh sorry. Thanks for reminding”.

IQRO

Entah kurang terbaca, atau kurang riset, atau kebiasaan di Indonesia dimana-mana bebas makan. Padahal di MRT jelas sekali ada larangan tidak boleh makan, minum, merokok. Mau di MRT atau Bus sama saja. Begitupula saat saya di Malaysia. Mereka pun menerapkan hal yang sama di transportasi umumnya.

Jadi mau kemana kita berpijak, baik masih di negeri sendiri, atau di negeri orang lain penting banget riset! Zaman sudah canggih laa~ kita bisa cari tahu apa yang kita nggak tahu dari tempat tersebut kan, alias googling. Kalau tidak, kita bisa adaptasi dengan melihat sekeliling, membaca lingkungan, atau Iqro’ bahasa qurannya. (Al ‘Alaq : 1)

IMG_9645
salah satu nama jalan di Singapura. Rd artinya Road (jalan)

Iqro bukan sekedar membaca tok membaca. Mikirnya ya iqro adalah membaca buku. Eits, iqro itu luas lho artinya. Allah nyuruh kita Iqro itu memiliki makna yang cukup dalam. Iqro di situ adalah membaca lingkungan, pemahaman, membaca apa yang ada di sekitar, membaca dan memahami situasi. Bahasa sekarangnya mah peka. Cik peka atuh!

IMG_9660
Jalanan di Singapura

Iqro berarti kesadaran juga. Bagaimana kita sebagai manusia bukan mau enaknya aja melangkah dimana-mana. Mentang-mentang negeri orang, bukan artinya sebebas-bebasnya. Tetep ingat, bahwa di sana masih Bumi Allah. Jangan pernah takut karena satu-satunya pegangan ya Allah aja. Tetep berlindung dan waspada. Ya itu, harus punya sifat Iqro dalam diri. Selalu waas diri, membaca lingkungan, riset sebelum datang k e tempat tujuan, dan bertanya pada setiap orang yang kredibel (pusat informasi).

Selamat menjelajah lebih jauh!

12
Orchard Rd, Singapura. 15/9/2017

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *