Malaysia Rasa Turki di Malacca Strait Mosque

Malaysia Rasa Turki di Malacca Strait Mosque

Melaka, salah satu wilayah di Malaysia tentu terkenal dengan spot-spot bersejarah. Jika kamu pergi ke Melaka, setiap tempatnya mudah kamu kunjungi karena areanya berdekatan. UNESCO pun mengakui bahwa Melaka menjadi salah satu warisan dunia. Jonker walk street, museum, Malacca Heritage World, Malacca river, semua sudah tahu.

Ada salah satu masjid di Pulau Melaka yang patut diacungi jempol! Masjid ini berada di sisi laut dan terpisah dari pulaunya negeri Malaysia. Namun pulau kecil ini masih dalam teritori Melaka.

 

 

Bisa lihat kan map di atas? jadi ada jalan yang menyambung ke Pulau Melaka tersebut. Jembatan tersebut gak jauh-jauh banget ternyata pas saya lewatin. Cara ke Masjid ini mudah sekali! Kamu bisa pesen Grab / Uber dari pusat kota kurang lebih RM 12 atau sekitar Rp 37000-an. Jadi gak jauh kok dari pusat wisata.

Pas pertama kali kesana, gak membayangkan sebagus itu lho. Dikira ya macam masjid biasa aja. Tapi, jeng jeng jeng..

Kamu bisa turun ke bawah dan menikmati pantainya

Parah abis, keren! Meski panas mencrang, Masjid ini bercahaya, suasana all white and blue, di sisi pantai, bersih dan wangi. Setiap orang yang hendak masuk ke masjid wajib berbusana muslim. Tenang aja, soalnya buat para turis perempuan yang tidak berjilbab, disediakan kerudung dan jilbab (baju kurung) untuk dipakai.

Masjid ini menghadap ke laut. Suasana panas dan lembab tapi tidak menyurutkan saya untuk tur keliling masjid. Ada satpam dan penjaga di depan pintu masuk. Mereka hanya menjaga keamanan saja. Lalu kamu bisa temukan air mineral yang dijual secara mandiri/ sistem kejujuran. Harganya RM 1.

Tapi di sana pun disediakan dispenser dan gelas untuk minum. Jadi, yang gratisnya pun ada. Masjid yang luas ini bisa menampung sekitar 750-an orang. Ada sudut untuk anaknya juga lho. Intinya, masjid ini cocok banget buat foto juga heheheh.

 

tangga menuju lantai atas

Suasana hari itu memang sepi. Tetapi lantunan ayat-ayat Alquran terus mengalir dari sebuah toko yang berada dekat masjid ini. Toko tersebut berjualan makanan, souvenir, dan alat-alat salat seperti buku keislaman, peci, atau sarung.

 

Pemandangan dari sudut selatan masjid.

Kerennya, masjid ini pun ramah anak. Terbukti dari sudut anak yang mereka buat dengan dinding warna-warni, dan lantai puzzle untuk menarik hati anak-anak. Sayangnya memang tidak ada anak-anak saat itu.

Kids Corner
Sisi selatan masjid

Ini wajah dalam masjid malaka strait. Lucu ya ada banyak kipas angin berdiri. Mereka peduli pada jamaah supaya tetap sejuk di dalam ruangan dan nyaman beribadah.

suasana masjid

Selepas salat kamu bisa memandang laut dari sisi selatan masjid ini. Macam balkon yang besar dan menjadi keindahan serta kenikmatan sendiri.

Ini dari balkon selatan

langit-langit masjid

Saking kerennya, foto-foto di sini macem di Turki. Semua white and blue. Cahaya mendukung dan suasana sejuk dan nyaman. Saya pun menikmati pemandangan dan keindahan Masjid Malacca Strait ini dengan suka cita dan menikmati es krim milo di tengah teriknya siang.

Kamu bisa foto dari balkon pinggiran masjid.

Setiap sisi masjid ini rasanya bisa jadi bahan foto yang keren. Pasalnya, selain arsitektur yang keren, warna laut dan langit pun membuat gradasi dan pemandangan yang super indah! Masyaa Allah.

Seneng rasanya bisa liat masjid-masjid di negeri orang! Sambil jadi bahan syukur bahwa masih diberi kesempatan alias rizki bisa datang ke Masjid Selat Melaka ini.

Satu pelajaran yang saya dapatkan dari masjid hopping di Malaysia, baik itu di masjid atau musholla mall mereka selalu memisahkan tempat salat antara laki-laki dan perempuan. Jadi, perempuan bisa bebas untuk berwudhu. Karena, di mall yang ada di Bandung saja, (padahal mall gede), musholla nya terbuka dan tempat wudhu pun terbuka. Jadi, susah sekali untuk berwudhu agak bebas. Tapi di Malaysia, sejauh ini saya lihat mushola laki-laki dan perempuan atau tempat wudhunya pasti tertutup dan dipisah. Berharap supaya mall-mall di Indonesia juga seperti itu. Meski satu tempat salat, setidaknya tempat wudhunya bisa tertutup 🙂

Selamat Menjelajah Lebih Jauh!

2 thoughts on “Malaysia Rasa Turki di Malacca Strait Mosque

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *