Panduan Transportasi Lengkap Pulau Penang (Cara Pergi dan Pulang)

Pulau Penang yang terkenal dengan pantai dan seninya tidak boleh sampai terlewatkan. Selain karena Penang adalah pulau kecil teritori Malaysia, Penang menjadi tempat wisata orang Sumatera karena jaraknya cukup dekat. Maka dari itu, panduan transportasi lengkap Pulau Penang ini sungguh membantu kalian, hopefully.

Kejadian di Butterworth, pelabuhannya Penang membuat saya yakin bahwa orang Medan sering berwisata ke Penang. Sebab para calo bis di Butterworth menanyakan saya dari mana.

“Dari mana dek?”

“Indonesia”

“Oh Medan ya?”

“Ha? Bukan.. Bandung, akak.”

Percakapan di atas bukan hanya sekali dua kali. Mungkin ada tiga kali yang bertanya kepada saya dan menebak bahwa saya dari Medan.

Bisa dilihat kalau Medan dan Penang cukup dekat. Jadi wajar saja kalau warga Penang menyangka orang Indonesia yang ke Penang adalah warga Medan.

Cara Menuju Penang via Kapal Ferry

Jika kamu ingin menuju Penang memakai Ferry, kamu bisa pergi ke Butterworth. Sebuah terminal pelabuhan di Penang. Butterworth pun punya koneksi ke negeri lain via bis. Misalnya ke Kuala Lumpur, Melaka, bahkan Hat Yai Thailand.

Waktu itu saya ke Penang dari Melaka menggunakan bis malam.  Saya beli tiket di kaunter bis di Melaka Sentral dan mendapatkan harga RM 49. Memang harganya sekitar RM 48-49. Cukup mahal karena memang jauh sekali jarak antara Melaka ke Penang haha.

Kami ambil bis malam karena irit dikit, hehe. (Biar ga sewa kamar). Jadi ya ingin melihat suasana malam juga. (alesaaaan). Ujung-ujungnya ya tidur juga. Semalaman di bis memakan waktu hingga 8 jam. Akhirnya kita sampai di Pelabuhan Butterworth Penang pukul 04.00.

Karena masih muka bangun tidur dan beradaptasi dengan diri (karena tidur gak tibra, bahasa sundanya mah) gak nyenyak juga, jadi langsung ke kamar mandi di Butterworth. Setelah selesai ke kamar mandi untuk cuci muka dan gosok gigi, kami pun mulai melihat sekitar dan berjalan melihat petunjuk bagaimana cara menaiki kapal ferry.

Bisa dilihat di peta. Ada dua cara untuk menuju penang. Lingkaran biru itu adalah jembatan menuju Penang. Biasanya mobil lewat situ. Untuk garis merah itu adalah garis dimana kapal ferry menyeberang.

Georgetown adalah ibu kota Penang. Kami sudah booked hostel di Georgetown. Garis hitam menuju Batu Ferringhi adalah tempat yang kita kunjungi di sana. (nantikan tulisan mengenai Batu Ferringhi ya!)

Cara Beli Tiket Ferry

Pagi itu setelah salat subuh pukul 06.00, saya menunggu jemputan untuk menuju kapal. Jadi, buat yang membawa barang banyak, kamu bisa tunggu di tempat tunggu dekat lift. Di sana ada security yang mengatur jalannya jemputan. Jemputan ini berupa mobil carry/ travel. Mobil dapat mengangkut sekitar 10 orang.

Setelah kamu diangkut oleh mobil, kamu berjalan ke arah kaunter tiket. Harga tiket per orang hanya RM 1,2 saja. Lalu tiket itu di tap seperti mau naik KRL atau MRT gitu. Langsung deh tunggu sampai gerbang menuju ferry dibuka. Ferry tersebut menyediakan kursi di tengah-tengah. Pinggirannya akan ada mobil-mobil yang ikut menyeberang juga.

Ferry waktu kita pergi berbeda dengan ferry ketika pulang. Sedihnya, pas pulang tempat duduk hanya di pinggiran saja dan mobil-mobil di tengah-tengah. Cuaca saat itu sedang hujan dan kita semua rata-rata berdiri takut kecepretan air hujan. hehe. Oya ingat, kalau pulang kalian tidak akan dikenakan biaya ferry. Jadi, tiket hanya dibeli saat menuju pulau penang saja!

Foto ini diambil ketika perjalanan pagi menuju Pulau Penang.

Cara Pulang dari Pulau Penang

Seperti apa yang telah saya katakan di atas, kamu tinggal pergi ke pelabuhan tempat kamu turun saat ketibaan. Lalu kamu langsung saja naik dan tunggu pagar menuju ferry dibuka. Tidak dikenakan biaya alias GRATIS! Lalu perjalanan memakai kapal ferry ini sekitar 30 menit.

berdiri menuju pulang dari Penang Island

Ketika kamu turun di pelabuhan Butterworth, nanti kamu bisa naik Rapid Penang. Jadi kamu tidak usah capek jalan ke terminal Butterworthnya, tinggal naik angkutan Rapid Penang dan ini gratis. Sama seperti naik angkutan menuju pelabuhan ferry. Bedanya, saat kamu pergi, kamu diangkut naik mobil carry atau macam mobil travel. Kalau pulang kamu bisa naik Rapid Penang semacam Bis kota.

suasana ferry saat pulang.

Perjalanan angkutan dari pelabuhan ke terminal asal kurang dari 5 menit saja. Lalu di sana kamu bisa beli tiket di kaunter terminal. Jangan bayangkan terminal ini kaunternya besar seperti di Melaka Sentral atau Larkin Terminal di Johor. Kalau di Butterworth tempatnya kecil saja! Kami pun akhirnya beli tiket bis ke Kuala Lumpur, persinggahan terakhir. Tiket Butterworth-Kuala Lumpur merogoh kocek RM 45-48. Lumayan.. Waktu tempuhnya sekitar 3-4 jam dan kamu nanti turun di KL Sentral.

hujan rintik dari kaca bis rapid penang selepas pulang dari pulau kecil itu

Setelah kamu turun di KL Sentral, maka kamu bisa melanjutkan perjalanan kemana saja. Karena di KL Sentral sudah ada koneksi LRT. Artinya, selamat datang kemudahan transportasi! Haha.

Sebenarnya di negeri lain juga mudah-mudah saja. Hanya tidak ada LRT/MRT. Di Johor kita harus mengandalkan Grab/Uber. Melaka ada Bis, Grab/Uber, Penang ada Bis, Grab/Uber. Jadi kalau di KL kita bisa menikmati LRT/MRT selain Uber/Grab. Semoga panduan transportasi lengkap Pulau Penang bisa membuat kamu semakin ingin ke Penang. Karena saya pun ingin kembali lagi ke sana 🙁

Penang Island, September 2017

Selamat Menjelajah Lebih Jauh!

*silakan tinggalkan kritik dan saran di kolom komentar. Karena itu sangat membantu Fathia 🙂

Terima Kasih sudah membaca!