High School Hopping in Tasikmalaya

High School Hopping in Tasikmalaya

 

Saat muncul pemberitahuan siapa yang mau ikut jadi panitia roadshow beasiswa ter-hits sepanjang tahun di Salman (baca: Perintis), tanpa tedeng aling-aling saya daftarkan diri untuk ikut. Saya isi setiap pertanyaan formulirnya dengan penuh harap bahwa saya akan menjadi angin segar bagi adik-adik SMA yang tengah dilema dilanda pilihan kuliah. Ada banyak pilihan kota dan kabupaten di Jawa Barat yang menggiurkan mata. Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, ah dekat. Lalu saya pilih 3 kota yang belum pernah saya jamah. Pangandaran, Majalengka dan Karawang.

Tidak semua anak kelas 12 berminat untuk lanjut ke bangku kuliah. Bangku mahasiswa yang direbut oleh jutaan siswa dan siswi se-Indonesia. Ribuan usaha bimbingan belajar menjamur hingga ke pelosok daerah. Sudah tidak diragukan lagi katanya. Dijamin masuk PTN Favorit, kalau tidak uang kembali!

Lalu, nun jauh di sana yang tidak terdengar hiruk pikuk kota. Ada sekelompok orang yang ingin sekali mencicipi indahnya mendengar dosen berkhotbah, atau makan jajanan Bandung yang tengah membahana di pinggir Jalan Ganeca. Jikalau masuk ITB rasanya sudah menjadi orang paling pintar se-Indonesia. Lalu, mereka teringat, oh biaya hidup di Bandung pastilah mahal. Apalagi kuliah di kampus terbaik itu?

 

baca selengkapnya —>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *