Museum Satwa di Film “Night at The Museum” Ternyata Ada di Jawa Timur!

Pernah nonton film Night at The Museum? Film tentang seorang penjaga malam di Museum yang menyadari bahwa museum itu hidup pada malam hari. Dilansir kapanlagi.com ,    Larry (penjaga baru yang menggantikan Cecil) memandang remeh nasihat Cecil. Ketika malam menjelang di malam pertama dia bekerja, seluruh penghuni museum yang didominasi tokoh dan benda-benda bersejarah hidup secara ajaib.

Di awali dengan sebuah fosil T-Rex yang memaksa Larry terlibat permainan penikam dengan salah satu tulang kerangkanya sendiri, bertemu beberapa tokoh museum sepeti Sacajawea (Mizuo Peck), Teddy Roosevelt (Robin Williams), Attila the Hun, Roman leader Octavius, tokoh tenar wild west, Jed (Owen Wilson), suku Mayan, Gladiator Roma, dan koboi keluar dari diorama mereka. Keadaan menjadi tak terkendali, dan memaksa Larry harus segera menemukan cara menghentikan keanehan ini dan menyelamatkan museum dari kehancuran.

Ternyata kamu bisa menikmati suasana seperti di film Night at The Museum ini di Malang, Jawa Timur. Di mana tepatnya museum satwa itu? Ya, di Jawa Timur Park 2 atau lazim disebut Jatim Park 2. Saat saya pergi ke Jatim Park 2, saya membeli tiket untuk 3 wahana langsung. Jadi, di sana ada 3 wahana; Eco Green Park, Zoo, dan Museum Satwa. Karena saya masuk ke Museum Satwa setelah lelah dari Eco Green Park dan Zoo, maka saya nggak ngeh kalau museum tersebut adaptasi dari film Night at The Museum. Kerennya!

Bangunannya berwarna putih, depan museum satwa benar-benar mirip seperti di filmnya. Tiang-tiang tinggi menjulang. Pertama kali masuk maka kamu akan melihat sarang burung besaaaaar sekali. Lalu di tengah museum ada rangka dinosaurus. Saya lalu terdiam dan mengingat sesuatu, ini benar-benar seperti di Night at The Museum!

Di pinggirannya ada berbagai pengenalan satwa yang dihalangi oleh kaca-kaca dan pendaran lampu biru. Semua dikemas apik dengan berbagai penjelasannya. Museum ini sangat besar (tapi gak sebesar Eco Dream Park dan Zoo) tapi tetep aja besar! Pokoknya siap-siap jalan ya kalau ke Jatim Park. Soalnya ini memang rekreasi ilmu pengetahuan. sains dan penyegaran mata. Tidak jarang terlihat siswa-siswi mulai dari anak TK hingga SMA. Mereka sedang study tour ke Jatim Park.

Pengetahuan tentang serangga di Eco Green Park, JTP 2.

Nekat ke Jatim Park 2

Saya pergi di hari Kamis, jadi harga tiket untuk 3 wahana alias seluruhnya hanya 135rb an (kalau gak salah). Kurang lebih segitu. Apa 108rb ya? Lupa, maafkan 🙁 Intinya sih kalau weekdays itu murah abis. Jadi kamu bisa beli tiket untuk 1/2/3 wahana sekaligus. Kalau beli langsung ketiganya pasti lebih murah. Kalau kamu sudah membeli 2 tiket (misalnya) dan tiba-tiba terpikir untuk beli 1 wahana lagi, kamu bisa kok. Nanti ada tiket terusan di dekat counter. Kalau weekend jangan tanya, harganya mencapai 150rb lebih ya 🙂

Hostel tempat saya tinggal memang cukup jauh untuk menempuh Jatim Park. Karena saya tinggal di Kota Malang, maka Jatim Park yang berada di Kota Batu ini mencapai 24 km-an. Kami menggunakan motor hostel yang disewa dengan harga IDR 60.000 saja selama 24 jam. Pukul 08.00 pagi kami berangkat menggunakan motor dan sampai di Jatim Park 2 pukul 09.00 pagi. Pastinya kami menggunakan Google Maps. Hehe.

FACT : Kota Batu itu ibarat Lembang-nya Bandung. Jadi destinasi wisata lebih banyak terpusat di Batu.

Kalau saya katakan, Jatim Park 2 ini worth it sekali! Dengan harga segitu, kamu bisa melihat banyak satwa yang sebelumnya saya pun tak pernah melihatnya. Seluruh wahana di dalamnya pun gratis. Pertama saya mengunjungi  Eco Green Park yang memang buka lebih dulu (jam 9.00 pagi). Di sana kita bisa melihat berbagai jenis burung, reptil, serangga, tanaman, hingga candi buatan. Sungguh kaya sekali wahana ini! Gak kebayang gimana binatang tersebut di bawa ke Malang.

Kedua saya pun pergi ke Zoo. Masya Allah! Ini adalah kebun binatang terheboh terbesar dan terkeren sepanjang saya ke Kebun Binatang! Besaaaaaaar dan Luaaaaaas sekali. Bagusnya Zoo tersebut adalah jalan untuk pengunjung sudah disesuaikan dan ada rute atau penunjuk jalan supaya kita bisa melihat tuntas seluruh satwanya. Bahkan saya pun jadi bingung untuk menuju wahana yang lain (saking besarnya dan kepepet waktu) jadi gak tau shortcut nya. Lucunya pas saya mau keluar dari Zoo, kata mbak-mbaknya ikuti saja jalur evakuasi.

FACT : Saking luasnya Jatim Park 2, disarankan untuk datang dari pukul 09.00 dan harus menyediakan waktu seharian penuh untuk ke Jatim Park 2 saja ya! Supaya enjoy dan bisa nyobain semua wahana.

Di arena Zoo kamu akan mendapatkan berbagai wahana permainan seru GRATIS. Jadi gak usah bayar lagi karena tiket yang kamu beli itu All in. Di arena permainan kami mencoba bombom car, gajah terbang, Tsunami (ini paling parah dari semua wahana. Kita diputer-puter cepet atas kanan bawah kiri. Gak mau lagi huaa), pertunjukan singa laut, ASIA (macem taman boneka Dufan. Jadi pake kereta masuk ke dalem dan disuguhin boneka-boneka gerak serta narasi setiap benua di Asia), Farm (naik kereta masuk ke dalam dan disuguhi boneka-boneka farm bergerak).

wahana seperti ke taman safari. Kita menaiki kereta mobil mengelilingi hewan yang bisa diberi makan langsung.
Pertunjukan singa laut yang bisa ditonton mulai dari jam 12.00
Wahana Benua, memperkenalkan macam-macam kebudayaan setiap benua. Kita naik kereta dan boneka tersebut bergerak menyala diiringi narasi.

Oya, di sana juga ada kolam renang! Jadi kamu bisa berenang dan tentu kolam renang tersebut di-desain untuk anak-anak. Macam waterboom tapi gak besar-besar amat. Kalau kamu capek sebenarnya Jatim Park memiliki motor-motoran kecil supaya gak cape jalan untuk mengitari ini semua. Harganya cukup mahal, sekitar Rp 100.000-an. Saya lupa entah per-jam atau per berapa kali ya. Kekurangannya, ada beberapa jalan yang tidak boleh dilewati motor/scooter kecil itu.

Kolam renang
motor-motoran / scooter yang bisa kamu sewa untuk mengelilingi Zoo dan Eco Green Park

Karena kita menargetkan jam 2 harus pulang ke Malang, jadi kita agak terburu-buru di sana. Setelah mencoba semua wahana, saya makan di area Jatim Park sebelum pulang.

FACT : Jajanan di area Jatim Park murah lho! Gak kaya harga wisata di Bandung pada umumnya yang melambung karena tempat wisata. Di Malang harganya standar aja.

Kita beli nasi goreng (ricebox) IDR 15.000 aja udah sama Teh Pucuk. Selain tempat jajanan, di sana juga ada CFC. Di area Jatim Park pun ada banyak tenda UMKM yang menjual baju-baju Malang, merchandise, oleh-oleh hingga buah-buahan. Ada Factory Outlet juga bahkan!

Semoga artikel ini membantu buat kamu yang mau ke Jatim Park 2. Disarankan untuk membawa anak-anak karena Jatim Park ini cocok banget untuk pembelajaran bagi anak-anak hahaha. (orang dewasa juga boleh banget, jadi makin cerdas dan jangan lupa naik Tsunami!)

Selamat Menjelajah Lebih Jauh

Batu, Malang. 23-26 Oktober 2017.