Panduan Menuju Kampung Senyum dan Air Terjun Cibareubeuy

Panduan Menuju Kampung Senyum dan Air Terjun Cibareubeuy

Di mana sebenarnya Kampung Senyum? Mudah sekali jawabnya. Kalian pasti tahu dan familiar dengan Ciater ataru Sari Ater? Ya! Pemandian/ Kolam air panas-hangat yang sungguh terkenal di zamannya itu lho. Kampung Senyum terletak di Cibeusi, Kab. Subang. Jalan masuknya dari jalan ke Sari Ater.

Cara Menuju Kampung Senyum

  • 1-1,5 jam dari Bandung menuju Sari Ater. Kamu tinggal belok ke kanan (dari arah Bandung) menuju Sari Ater. Jangan masuk Sari Ater ya haha karena tujuannya kan ke Kampung Senyum. Nah, ikutin aja jalan itu terus ke bawah. Hingga kalian bertemu pertigaan alias jalan sudah mentok, belok kanan dan terus lurus hingga bertemu gapura Selamat Datang di Cibeusi Kab. Subang.
  • Setelah kamu sampai di sana, kamu akan ditanya oleh warga setempat hendak kemana. Rata-rata pasti bilang mau ke Kampung Senyum/ Cibareubeuy. Lalu jika kamu pakai motor, kamu diarahkan parkir ke saung dan membayar Rp 10.000.
  • Setelah itu kamu berjalan kaki menyusuri sawah, sungai, bebatuan, saung-saung warung dan ibu-ibu tani atau bapak tani di sepanjang jalan.

  • Jangan khawatir, petunjuk selalu ada. Ikuti saja batu-batu yang sengaja ditanam di pematang sawah. Hal ini digunakan supaya tidak jeblog (muddy, berlumpur, licin). Btw, jeblog adalah vocab Sunda ya guys.

  • Kalau kamu lelah, banyak rumah/saung di tengah sawah dan di perjalanan yang membuka warung. Sengaja mereka menaruh tanda di saungnya “Tempat Istirahat”

  • Perjalanan memakan waktu 2 jam untuk sampai ke Air Terjun Cibareubeuy. Kalau kalian berhenti-berhenti (kayak aku wkwkw) yaa bisa lah ampe 3-3,5 jam. Apalagi ngaso dulu di saung sambil minum kopi/teh ditambah semeriwing angin pagi, cuitan burung, langit biru nan hangat. Aduhay!

  • Disarankan memakai sepatu supaya tidak licin. Apalagi jika pergi saat musim hujan, bawalah payung/jas hujan.

  • Jika pergi saat weekend, persiapkan kocek sebesar Rp 150.000/ orang untuk jaga-jaga uang tiket. Karena, kita akan ditagih di beberapa tempat alias tiket masuk.
  • Tiket apa aja?
  1. Parkir Rp 10.000
  2. Tiket masuk jalan (bisa iya bisa ngga) Rp 6000
  3. Menara Selfi (asli ditulisnya Selfi ya) Rp 4000
  4. Air terjun Pandawa Rp 15.000
  5. Menara Pandang Rp 15.000
  6. Kampung Senyum (gratis) lalu jalan masuk dan ada tempat foto sarang burung Rp 5000/6000
  7. Air terjun Cibareubeuy Rp 10.000
  8. Makan liwet di Kampung Senyum Rp 20.000/org
  9. Menginap di Kampung Senyum Rp 20.000/org
  10. Ngopi/ngeteh, jajan di jalan, minum wedang/lahang ASLI (totalin kira-kira) Rp 20.000. Setiap minuman yang diseduh harganya Rp5000/gelas.

  • Pakailah setelah baju yang nyaman, berbahan katun, dan enak dipakai.

  • Bawa baju ganti, supaya bisa main air di air terjun.

  • Pergilah sepagi mungkin supaya pulangnya gak terlalu siang (takut hujan). Cuaca pagi bagus banget buat foto! Ingat itu hehehe πŸ˜‹

Fun Fact Kampung Senyum

Saat masuk ke Kampung Senyum, pertama kita akan melihat pentungan dan bacaan ini. Saya berspekulasi supaya masyarakat di Kampung Senyum tahu bahwa ada orang yang akan masuk. Lantas, mereka membuat pentungan dan bacaan ini. Hehe. Aminin aja dong ya, aaamin.

Abah Ocid ini founder-nya Kampung Senyum. Sayang, saat kami masuk ke sana semua tutup dan sepi sekali. Jadi tidak ada Abah Ocid dan kawan-kawan. Hanya ada ibu liwet saja yang membuka warung. Ketika saya tanya mengapa hanya ibu itu saja yang buka karena habis sibuk melayani tamu 17 orang dari Tangerang. Jadi beliau menginap saja di sana. Jika kamu ingin Kampung Senyum ramai, pergilah saat weekend ya.

Air Terjun Cibareubeuy

Ai terjun ini cuma 500 meter dari Kampung Senyum. Jadi kamu jalan sedikit lagi setelah sampai di kampung ini. Rasanya terbayarkan setelah lelah berjalan lalu disuguhi indahnya Air Terjun yang telah diciptakan Allah SWT. Rasanya tak bisa dibayangkan betapa besar kebesaranNya. Tempatnya asri, segar dan kamu bisa berenang dan berendam di sana. Enak banget! Jangan khawatir karena ada toilet kok.

Semua rumahnya berbahan dasar kayu. Kehangatan dan keramahan ibu di sana menambah rasa bahagia saat berduduk menunggu liwet kami tiba.

Ibu yang memasak nasi liwet untuk kami. Hanya ibu ini yang membuka warung liwet di antara seluruh warung yang kami lalui.

Fun Fact : Tidak ada keluarga yang menetap di Kampung Senyum. Mereka akan turun untuk kembali ke rumahnya masing-masing. Biasanya mereka ke atas (Kampung Senyum) setiap weekend. Tak jarang hari-hari biasa pun sebenarnya mereka ke sana. Kampung Senyum sudah ada sejak tahun 2000 namun baru dibuka tahun 2013.

Tempe, telur, asin, mie goreng, sambal dan lalapan membuat kami lapar. Dalam beberapa menit saja panganan itu habis tak bersisa. Apalagi sambalnya. Juara! Setelah makan kami disuguhi Wedang. Air manis dari aren ditambah jahe. Wanginya pahang namun manis.

Wahana yang bisa dicoba saat berkunjung ke sana adalah Menara Pandang. Tiket masuk Rp 15000 akan memberikan kita view yang keren untuk diabadikan. Kita akan naik ke atas pohon dan berada di atas. (Emang di atas). Waktu itu saya pergi pada hari Senin, setiap jalan dan tempat yang kami lalui kosong tidak ada orang. Pun tiada mamang tiket. Alhasil kami tidak ada bayar, hanya parkir saja πŸ˜…πŸ˜‚Β Namun cukup sulit untuk masuk ke Wahana Menara saat mamang tiket tidak ada sebab akses utama ditutup. Kami perlu cari jalan yang bisa kami lalui supaya dapat masuk ke sana.

Kalau kamu suka alam dan sesuatu yang menantang dan menyenangkan, datanglah ke sini. Nikmati kesegaran pagi di pematang sawah dan bercengkerama dengan ibu&bapak tani!

Selamat Menjelajah Lebih Jauh!

Subang, 20/11/2017

4 thoughts on “Panduan Menuju Kampung Senyum dan Air Terjun Cibareubeuy

    1. Keunggulannya, mereka punya akses yang sudah lumayan bagus dan cocok buat yang mau jalan kaki olahraga. Ada paket liwet sih yang penting hehe. Makasih udah mampir ya πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *