Candu Kopi, Ini Solusi Sakit Maag

Candu Kopi, Ini Solusi Sakit Maag

Barista Profesional
Muhammad Aga, Barista Profesional

Saya adalah orang yang bisa dibilang jadi candu sama kopi. Sekitar 5 bulan yang lalu, pekerjaan sebagai wartawan gaya hidup membuat saya kudu liputan soal kopi. Keliling ke berbagai kedai di Bandung dan kebun kopi artinya jadi kudu minum kopi tersebut.

Awalnya enggak suka pas nyeruput kopi karena pahit dan sebagainya. Lama-lama karena terbiasa, jadi minum kopi asli Indonesia udah jadi favorit. Berbagai metode dari V60, Frenchpress, espresso, ristretto, vietnam drip, dan tubruk sekali pun sudah dilewati. Bahkan, melihat proses dari penanaman kopi sampai kopi siap minum pun pernah saya saksikan sendiri. Waktu itu diajak ke Manglayang buat menyaksikan penanaman kopi di sana. Sampai ke Batuloceng, Suntenjaya, Lembang, menyaksikan kebun kopi yang luas sampai berbagai proses pengolahan kopi hingga menjadi lapangan pekerjaan warga di sana.

Barista profesional
Aga lagi buat kopi.

Kebetulan pada 1 Oktober 2018, seneng banget bisa diajak Promag ke Noah’s Barn Jalan Dayang Sumbi, Bandung buat ketemu barista ganteng asal Jakarta (eh), Muhammad Aga. Dalam rangka Hari Kopi Internasional, kudu banget merayakan ini sambil dengerin Aga, sang barista profesional, bicara tentang hal informatif. Dia pemenang Indonesia Barista Championship 2018 yang telah mengalami lika-liku sebagai seorang barista.

Indonesia Barista Championship 2018
Aga sedang menerangkan pengalamannya saat ikut Indonesia Barista Championship 2018

Tak mudah bagi Aga untuk menjadi barista profesional. Faktanya dia kepepet untuk menjadi barista. Setelah belajar dengan tekun, akhirnya pada 2015 dia sudah memiliki kedai kopi sendiri yang diberi nama Coffee Smith Jakarta Coffeeshop & Roastery.

Enggak munafik juga, minum kopi biasanya jadi penyebab penyakit maag. Baik saya, dan Aga Barista Profesional sekali pun pasti maag. Karena kandungan kafeinnya membuat asam lambung naik dan maag kambuh.

Dada dan tenggorokan bisa panas, terbakar, gangguan pencernaan, mulas, bahkan deg-degan paraaah. Saya pernah mengalaminya, pas perut kosong, minum kopi. Di jalan langsung deg-degan dan lemes pas lagi bawa motor. Tidak!

SOLUSI SAKIT MAAG

Bukan berarti kita enggak bisa minum kopi lho. Setiap masalah pasti ada solusinya. Seperti maag, pasti ada solusi sakit maag. Jangan khawatir dulu ah pokonya.

Lalu, solusi sakit maag nya bagaimana?

Kata Aga, sebisa mungkin enggak minum kopi dari biji yang baru aja disangrai. Soalnya, gasnya masih numpuk di biji-biji tersebut. Oleh sebab itu, bungkus kopi suka ada lubangnya supaya gasnya keluar.

 

Kedua, solusi sakit maag tentu makan dulu ya guys. Jangan sampai pas minum kopi eh belom makan alias perut kosong. Alhasil asam lambung naik terus ketar-ketir enggak bisa bekerja. Padahal kopi juga bisa meningkatkan ketajaman berpikir kaaan~

Ketiga, bawa obat maag kemana-mana. Aga mengaku bahwa dia suka membawa Promag cair. Enggak heran soalnya promag ahlinya lambung. Praktis juga ternyata bawa promag cair, tinggal minum enggak ribet. Mudah dibawa, karena promag cair bisa masuk saku.

promag ahlinya lambung
Promag cair

Keempat, jaga pola makan. Solusi sakit maag ya harus dijaga makannya. Gak boleh menclak-menclok. Bahkan, adik saya yang sudah terkena GERD, makannya diatur tiap tiga jam sekali, banyak pantangan, dan beneran kudu diatur. Adik saya sampai nafasnya sudah tersengal kalau asam lambungnya naik ke kerongkongan. Enggak mau kan?

Kelima, stok si solusi sakit maag yaitu promag. Promag Ahlinya Lambung itu terbukti lho. Ibu saya yang sedikit-sedikit kena maag, mual-mual kalau telat makan, pasti bawa obat tablet maag warna hijau itu. Menurut aku rasanya kayak wasabi buat makan sushi! Jadi enggak susah deh kalau aku minum promag. Dikunyah, minum deh.

promag cair
Jaga kesehatan bisa makan suplemen ini juga lho

Sekarang ternyata ada promag cair. (kemana aja deh aku). Jadi lebih praktis sebagi solusi sakit maag. Penyebab penyakit maag yang mendera bakal nurut seketika lewat promag cair ini. Mudah-mudahan, promag ini jadi penyembuh buat masyarakat yang addict sama kopi, kayak aku.

solusi sakit maag
Gazero herbal, meredakan kembung juga.

 

Yuk Baca : Cara Menjaga Asam Lambung pas Puasa 

atau Bau Mulut? Perhatikan Asam Lambungmu 

10 thoughts on “Candu Kopi, Ini Solusi Sakit Maag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *