Warung Kopi Ter-Pewe Bikin Kenyang di Bandung

Warung Kopi Ter-Pewe Bikin Kenyang di Bandung

Sedari lama aku udah pengen banget nulis soal warung kopi hits di tengah Kota Bandung. Emang terbaik sih, konsep dan makanan yang disajikan oleh pemilik warung kopi ini. Beda dari kafe-kafe pada umumnya, si warkop satu ini emang tempat makan yang ada kopi enak. Pilihan kopinya emang enggak se-bejibun kek kafe lain, tapi kesederhanaan warkop inilah yang bikin nagih.

Jujur, dalam seminggu bisa aja satu kali ke sini. Kalau enggak ke sana udah lama, bisa aja seminggu dua sampai tiga kali. Soalnya, rata-rata kafe yang meneydiakan kopi suka fokus sama kopinya dan makanannya ya engga jadi utama, gitu. Nah, di sini beda. Si kopinya emang enggak banyak cincong, dan makanannya yang rumahan banget -tapi nagih- bikin orang-orang cinta.

Apa sih Fath warkop itu?

Enggak usah lama, ya namanya Imah Babaturan.

Setiap dapet whatsapp, Fath di mana? Fath ke mana makan? Terus aku bilang, Imah Babaturan. Jawaban mereka, iya di mana?
Ya, imah babaturan.
Iya di mana ke siapa?

atau

enggak ah, malu.

Haha bodor sih. Soalnya Imah Babaturan berarti “rumah teman” dalam Basa Sunda. Jelas, posisinya yang strategis bangeeeet di Jalan Kebon Bibit, daerah Coblong, Balubur Townsquare (Baltos), deket ITB pula, dan Taman Film deh. Jadi, si warkop ini layak dihuni bangettttt.

Sederhana tapi manis, haha. Jadi, beda lah sama warkop lain si cemilannya juga. Sebut saja roti oma, roti selai margarin yang gapaham enaknya. gitu doang padahal. Terus ada ubi goreng, pisang goreng, roti goreng, dan lain-lain.

Makanan utamanya juga enggak kalah seru. Ini yang bikin aku berkali-kali ke sini tuh. Ada kopi enak dan makan berat yang lezat.
Soalnya gini gengs, aku gakuat kalau ga ngopi (alesan). Terus ribet gitu lho kalau ngopi di mana, makan di mana. Nah kalau di Imah Babaturan mah sepaket. Makan utamanya ada, enak pula, dibikin serius. Si kopi juga enak serius parah.

5 Thumbs up menu favorit aku di Imah Babaturan!

  1. Es Latte

Jangan ketuker yah guys sama es kopi susu. Soalnya es kopi susu mah pake vietnam drip. Kalau es latte ya susu dan kopi jadi satu terus esnya meski udah mencair ga bikin es lattenya hambar!!!!!!!!!!! serius. aku lebay emang, tapi beneran……. udah hal wajib buat aku kalau ke sini pesen es latte. Harganya mursidooooong bambam, Rp 18,000.

2. Roti Oma

Si roti ini cuma selembar, tapi rotinya bukan roti kotak, tapi roti jadul gitu yang ada lengkungannya. Roti oma dikukus gitu deh gengs kayanya. Tapi dikasih margarin dan sedikit gula jadi manisnya pas. Huhuhu suka gak paham emang roti oma kenapa seenak ini. Kesederhanaan itu kadang suka nyumput, sejatinya dialah yang menciptakan cinta kepada apa pun. (Naon sih faaaaaaat).
Roti Oma dibanderol Rp 5,000. Sekali makan juga abis ga kurang dari 5 menit akumah. (anaknya mudah lapar). Jadi, tolong anda kudu mencoba roti oma dengan segelas Es Latte, niscaya hidupmu berubah!

3. Cumi Cabe Ijo

Nah, makanan berat favoritos aku sih cumi cabe ijo. Tolong…. tolong……….. dikirain ya nasinya sedikit, padahal ya, SEUEUR PISAN (banyak banget). Aku tuh suka kekenyangan kalau udah makan nasi cumi cabe ijo. Soalnya porsinya kaya sedikit padahal mah banyak. Terus si cabenya parah sih melimpah. Duh bingung deskripsiinnya lagi. Nah, si cumi cabe ijo ini dialasi daun pisang di atas piring gonjreng. (what). Piring gonjreng teh apa ya piring jadul yang milenium (?) dari besi gitu. Harganya Rp 30,000 aja gengges.

4.Vietnam Drip Hot

Minuman pertama yang aku coba di sini ya vietnam drip panas. Apa ya kopi susunya tuh pas gitu takarannya. Jujur, sekarang akutuh enggak bisa buat kopi vietnam drip yang enak lagi 🙁 gatau takaran dan gapake cinta apa ya, jadi kemanisan mulu. Kadang kopinya aneh ga cocok. Ah, udah kebanyakan standar jadi sombong upay deh aku.

Terus ya, seringkali aku menemukan vietnam drip yang kebanyakan susunya jadi kemanisan, ada juga yang hambar, dan sebagainya. Lantas, apa daya, jadi pusing akutu. Vietnam drip di sini berapaan ya.. udah lama ga pesen sejak adanya es latte yang menyingkirkan segala minuman di sini. WKWKWKWK Rp 15,000 an kali ya sekitaran itu.

5.Nasi Balakutak

Balakutak juga jadi salah satu yang recommend menurutku. Harganya Rp 30,000 an juga sekitaran itu. Terus si nasi balakutak ini ada cabenya jadi mancapoy ulalaa bahoy. Cuman, suka udah jarang liat menu ini. Apa aku ga apdet atau emang selalu ada? Haha. Tapi pas ada menu mingguan balakutak sih aku beli. Ah pokoknya, cobain weh nasi balakutak.

Kemudian, menu lain-lain seperti Oseng Sapi pedas, pepes ikan (plus sayur kacang lho, seger uga), tongseng kambing, dan lainnya juga jadi favoritos pelanggan Imah Babaturan. Sehingga bagi kalian yang karnivora, bisa cobain juga. Recommended sih sejauh ini.

Oke, sekarang soal interior. Warna biru dan kuning yang enggak alay alias kalem nan lugu bikin sederhana banget. Kursinya dari kursi kayu cem sakola SD, sama nongkrong-nongkrong di warung beneran. Ada WIFI gratis juga serta non-smoking rooom yang ada AC nya hahaha. Tempat favorit aku sih di pojok kanan menguasai satu meja yang diisi 4 kursi terus ada ac. Ngetik berita sambil minum es latte.

Minusnya, Imah Babaturan kurang musala. Soalnya si musala ini emang tempat istirahat pegawainya. Jadi, mungkin bisa ditingkatkan teh? Haha. Kalau penuh juga kadang sok teu kabagean parkir. Apalagi menjelang sore ke malam, uwwuuwuwuwuw makin ramayyyyyyy.

Senengnya kalau udah lihat anak sang owner, Kilau yang membanggakan. Udah lucu, imut, mini, dan prestatif anaknya teh! Terus sama helmnya sering diamanin ke dalam karena aku suka males bawa dan naro gitu aja di motor. Haha. Service yang memuaskan!

Selamat ya teh Anggia (mc kece dan ibunya Kilau yang gahool), serta Kang Uyul (bapaknya Kilau yang pernah rela diwawancara sama aku buat berita di ayobandung.com). Sukses terussss Imah Babaturan!

Sekian review dari sosok Fathia sebagai pencinta makanan dan blogger, pure from my heart pokoknya. Ini penilaian setelah setahun mengenal Imah Babaturan. Semoga jadi salah satu daftar kunjungan kalau ke Bandung ya, teman-teman!

Selamat menjelajah lebih jauh~

One thought on “Warung Kopi Ter-Pewe Bikin Kenyang di Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *