Mengulang Ingatan 2018

Mengulang Ingatan 2018

2018 menjadi teman, di mana tahun itu membuat banyak sekali kehidupan sosial baru di lingkaran profesi baru. Begitu ranum dan terlalu muda untuk diberi tepuk tangan. Namun bagiku, ini hadiah tak terkira.

Mendapat kemudahan yang terkira, mulai dari menjadi sarjana, hingga mendapat pekerjaan. Belajar banyak hal mulai dari ketulusan hingga kebusukan. Semua hadir di profesi ini. Keniscayaan, ketamakan, ketidakbersyukuran, begitu jelas dan terik di mata. Siapa yang kuat, dia yang menang. Siapa yang bertahan, ialah yang bisa hidup dan berjalan.

Mengulang kembali ingatan 2018, menjadi penulis harian yang begitu santai dan mengenal banyak orang, hingga sibuk mengejar waktu dan agenda orang. Menulis dengan cepat, kemudian dihantam dengan pukulan virtual. Bukan jadi soal, itu adalah kekuatan.

Kemudian, ada satu hal yang menjadi sangat baru di tahun itu. Semua orang lantas bercakap, dan menertawakannya. Atau memberi dugaan dengan subjek yang sama. Namun pada akhirnya, aku semakin tidak peduli. Pekerjaan harian masih jauh lebih penting.

Ada banyak hal yang patuth disyukuri. Sayangnya manusia dibekali kesombongan dan kelemahan. Kegaguan akan nikmat padahal semua mengalir dengan sempurna.

Kehadiran sang teman dari lingkaran terluar, ternyata banyak kesamaan hingga titik impian. Bermain dan saling meredakan tangis, atau mengoyak buruknya hari yang dimakan sepi.

2018 sungguh memberi arti. Padaku yang mencoba menahan diri. Juga terhadap harapan yang tak lagi menggebu. Semua harus berjalan sesuai kadarnya.

Kendati ujian terus menghampiri, rasanya tangis tetap harus ada untuk penyeimbang. Kemudian tahun ini menjadi babak baru, yang entah di mana lagi pengharapan itu. Biar mengalir bagai air. Katanya tidak boleh begitu. Kalau kamu masuk ke kubangan air got, masih mau?

Semoga tahun ini, langkah setiap lelah bekerja benar-benar tercatat ibadah kepadaNya. Supaya selipan doa senantiasa hadir untuk menautkan diri selalu di antara hingar bingar duniawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *