Cara Seru Ngajak Jalan Anak-Anak

Cara Seru Ngajak Jalan Anak-Anak

Tahu enggak sih temen-temen, kalau main atau jalan-jalan itu kebutuhan bagi setiap orang? Bukan buat orang dewasa aja tetapi anak-anak juga!

Bagi orang yang sudah di usia menginjak 24-an wanti-wanti cari tahu soal cara asuh anak, mempersiapkan fisik dan mental buat naik level selanjutnya : pernikahan. Entah di usia berapa nanti akan menikah, biasanya mereka sudah enggak tabu buat bahas soal ginian.

Nah, hal ini Fathia dapatkan beberapa waktu lalu pas datang ke sebuah workshop dari Nestle Lactogrow yang membahas soal mendidik dan mengasuh anak. Mereka mengemasnya secara menarik, apalagi di akhir acara ada dua permainan yang seru! Kita bikin kreasi dari flanel dan membuat gambaran makanan dari malam/play-doh.

Nah, salah satau pengisi materi, Psikolog Psikolog Elizabeth Santosa bilang kalau main dan jalan-jalan itu penting banget! Yes, seru juga kaaan. Soalnya, anak yang pintar bersyukur akan tumbuh menjadi sosok yang optimis, berempati tinggi, dan lebih bahagia. Oleh karena itu, orang tua sebaiknya rutin menghabiskan waktu dengan anak.

Iya banget sih, sekarang era teknologi, seringkali orang tua memberikan smartphone gitu aja dan dampaknya ya enggak baik juga. Selain mata jadi rusak, mereka cenderung hyperaktif dan marah kalau smartphone-nya diambil. Alasannya, supaya anak enggak rewel. Duh! Sedih banget Fathia dengernya. Itu sih pengalaman seorang ibu peserta di sana.

Enggak jauh-jauh, adik Fathia pun yang masih SD sudah diberi smartphone lantaran mau disunat. HAHAHA. Akhirnya, ibu pun memberinya smartphone. Ya gitu, autis sendiri, kalau diganggu enggak mau, justru marah. Kalau disuruh salat dan bantuin apapun kudu berulang-ulang. Ya, ada untungnya sedikit ibu ultimatum buat enggak main laptop dan smartphone selama weekday karena dia mau UNBK.

Cara mengalihkannya gimana nih? Ya pake jalan-jalan dong, hehe biar enggak suntuk di rumah terus. Intip tipsnya yuk!

  1. Biasakan Gaya Hidup Aktif

Misalnya dengan berolahraga bersama, ajak jalan-jalan keliling komplek, kota, atau main sepeda bersama ayahnya. Gaya hidup aktif dapat distimulasi dengan olahraga. Ujung-ujungnya kan jalan-jalan sehat juga? Kalau di Bandung sih bisa ajak jalan-jalan sambil olahraga di Gasibu, depan Gedung Sate, jalan-jalan ke Lanud Sulaiman, Margahayu sambil jajan, atau mengunjungi kolam renang. Dampaknya, olahraga dapat meningkatkan kesehatan psikologis dan fisik.

2. Ditemani Main

Tak jarang, anak suka ingin ditemani bermain. Nah, penting banget orang tua masuk menemani anak-anak bermain. Entah main di rumah, ngajak jalan-jalan ke luar, atau sekadar mendengarkannya bercerita. Bagusnya sih main yang mengasah motorik misalnya berkreasi dari origami, kain flanel, dan play-doh atau malam. Karena bahagia bisa diraih ketika orang tua hadir untuk anak kala main bareng, didengarkan, dan dicintai tanpa syarat.

3. Eksplorasi

Pentingnya eksplorasi harus ditanam kepada anak-anak. Caranya, dorong anak supaya bercerita dan memaparkan pengalamannya lewat bertanya kabar baik, pengalaman berjalan-jalan hari ini, atau bertanya soal kejadian baik apa saja yang didapatkan di sekolah. Hal ini memicu pertumbuhan kosa kata, berpikir, dan eksplorasi anak soal pengalaman dan berbicara.

4. Jalan-jalan Cari Makanan Bergizi

Makanan bergizi bisa disiapkan dari rumah kalau misalnya jalan-jalan susah cari makan sehat. Biasanya anak suka rewel enggak mau makan kalau tahu makanannya enggak seseru micin di depan SD, hehe. Nah, upayanya, bisa tuh kita ajak main bareng, jalan-jalan ke luar kota, mengunjungi taman kota atau destinasi seru, sambil nyuapin anak dengan bekal sehat yang kita bawa.


Jangan sampai anak suka banget jajanan luar rumah yang penuh gula, pewarna, dan yang enggak jelas bahan-bahannya. Selain berpengaruh pada tumbuh kembang anak, dampaknya anak akan cenderung sulit makan di rumah. Salah satunya juga bisa memberi asupan susu dari Lactogrow soalnya kandungan minyak ikan, 12 vitamin, 7 mineral, dan lactobacillus reuteri. Susu ini cocok banget buat tumbuh kembang anak dari usia 1-5 tahun. Eh,emang paket lengkap sih kandungan susunya. Bisa seduh susu ini dan bawa kalau pergi main sama anak ya!

One thought on “Cara Seru Ngajak Jalan Anak-Anak

  1. Kalau di Palembang ada komunitas Playdate, mereka suka ajak anak-anak jalan sambil berkreasi. Aku sempat jadi salah satu pemantik acaranya, memperkenalkan hobi kartu pos ๐Ÿ™‚

    Seru jalan bareng-bareng kayak gini ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *