Bepergian Muslimah #1 : Apa Aja yang Dibawa?

Bepergian Muslimah #1 : Apa Aja yang Dibawa?

Sejak kecil, aku sudah dibiasakan untuk packing, setidaknya buat mudik. Kebayang kan aku mudik berminggu-minggu dan harus bawa baju apa aja? Untuk yang tidak menggunakan kerudung atau kaus kaki, mungkin bisa ambil langkah yang mudah. Seperti baju tipis, celana, dalaman. Kalau sebagai Muslimah ala Fathia, ya kerudung, ciput, kaus kaki, baju, celana, rok terkadang, jarum pentul untuk kerudung, kerudung langsung, dan serba-serbi lainnya. Ukurannya? Minimal baju XL dong, tidak transparan pula.

Kalau dikatakan berat dan banyak, oh tentu. Tapi ya bagaimana, soal otoritas memelihara dan mengatur tubuh sendiri supaya sesuai dengan prinsip hidup. Memang kudu riweuh~ Tapi kalau sudah biasa sih, shantayyy.

Tips ini bakal berlanjut. Bepergian ala Muslimah ini akan terus update. Bisa soal baju apa aja yang dibawa, bagaimana kalua pergi mesti sendiri karena darurat ya shay, terus jalan-jalan sama teman atau keluarga, dan lain-lain. Kalau kamu mau minta tips seputar bepergian yang lain juga boleh kok. Comment down below ya!

Bepergian ala Muslimah #1 ini akan bertajuk soal pakaian. Ya! Ini jadi masalah semua orang sih bagaimana ia mengatur pakaian yang dibawa. Belum lagi cuaca yang tidak menentu membuat kita semakin bingung. Hadeuh. Mungkin ini bisa membantu yaa sebagai aku yang berpengalaman mudik sedari kecil hingga sekarang. Terus sering banget bepergian ke luar kota, dan luar negeri at least setahun sekali (mimpi aku sih. Gamau banget paspor kosong setahun. Jadi 5 tahun paspor berlaku ya minimal 5 kali pergi hehe).

Apalagi waktu aku pergi 10 hari ke Singapura-Malaysia. Menyusuri jalanan menggunakan bus dan pesawat. So enlighten my life! Jadi, penasaran khan? WKWKW. Let’s start!

Sebelum melangkah ke apa aja yang dibawa, kita rincikan dulu hal-hal yang mesti diperhatikan ya sebelum bepergian~ Eh langsung setelah itu aku jelaskan apa aja yang dibawanya , h3h3h3h3

Durasi Bepergian

Kamu mau pergi berapa lama nih? 2 hari. 3 hari, atau seminggu, bahkan sebulan? Nah, durasi waktu ini penting banget supaya kita bisa menyortir pakaian apa yang mesti dibawa, khususnya sebagai muslimah. Kalau untuk 2-3 hari, aku biasanya bawa baju sebanyak itu aja. Misalkan baju 3, celana atau rok 1 (karena aku kan pas pergi pakai celana juga), kerudung sesuai baju, atau bisa cuma 2 aja, padu padankan sama yang lain. Kaus kaki 2, ciput dan daleman sesuai yang anda butuhkan. Kemudian, pasangkan baju dan kerudung serta celana yang sesuai. Nanti gulung deh!

Cuaca

Kalau cuaca di tujuan suhnya lumayan dingin atau sejuk kayak Islandia atau Antartika, baju bisa lebih sedikit sih, atau kerudungnya bisa dipakai dua kali untuk baju yang berbeda.Ya kalau kamu pergi ke Jakarta atau Yogyakarta, so pasti aku bajunya sehari sekali. Karena ya keringetan nda enak. Kerudungnya juga ganti langsung. Nah, baju tidurnya bisa kamu pakai 2 kali, supaya irit. Kan cuma dibawa tidur di hostel yang ada AC nya. Serius, hostel juga cari yang ada AC-nya. Banyak yang murah. Kalau mau ke Bromo, kan dingin tuh, ya jangan lupa bawa jaket lebih. Aku ke bromo pake baju, sweater, parka, jaket, ah sampe 5 lapis, dingin abis!

Kalau sudah tahu waktu bepergian dan cuaca di destinasi tujuan, sekarang tinggal bawa apa aja sih kalau pergi? Kalau aku, baju kaos itu aset penting. Kemana pun pergi, aku pakai kaos. Kalau misalnya kamu akan ke kondangan atau acara resmi, ya jangan lupa bawa kemeja atau baju rapi dan sopan.

Celana jeans atau katun linen juga enak banget. Katun linen yang menyerap keringat itu enak. Bikin nyaman dan adem. Kalau jeans, aku gak pernah bawa yang berat. Pasti yang rada tipis asal jeans yang bisa cocok dipadu padankan.

Soal kerudung, pasti selera masing-masing. Kerudung bahan voal atau yang mudah dilipat dan gak mudah kusut adalah solusi. Aku sering membawa baju yang cerah, bermotif, dan segar. Supaya kalau difoto pas lagi bepergian terasa berbeda dan enak dilihat. Tapi semua tergantung selera ya.

Kaus kaki juga hal penting. Aku selalu membawa kaus kaki setidaknya 2 hari sekali ganti. Kalau sudah jalan-jalan yang beneran menguras keringat, kaus kaki ya aku ganti langsung.

Kalau perginya sampai 10 hari atau lebih, apa saja yang mesti diperhatikan?

Tidak usah bawa baju sampai 10 pasang. Waktu itu aku bawa 5 pasang, 2 pasang baju tidur. Karena cuaca Malaysia dan Singapura itu seperti Jakarta, alias panas banget, setiap hari aku ganti baju dong. Terus, aku cuci lah baju aku ke laundry koin yang muat banyak baju! Sampai baju kami untuk 2 orang pun muat. Pertama kalinya aku menggunakan laundry koin di Pulau Penang, Malaysia.

Begitu pun kaos kaki dan ciput bawa lebih karena keringetan kan. Setidaknya bawa kaus kaki 5, ciput 3- 5 haha. Terus, jangan lupa daleman dan baju yang menyerap keringat Plis, jadi muslimah harus harum mewangi. Meski kamu enggak bau badan, kalau baju kamu bau karena asap bus, asap rokok, atau dicuci tapi keringnya ga dibawah mataahri, sumpah jadi bau yang ga enak.

Masukkan baju dengan cara digulung lalu simpan baik-baik di koper atau tas punggung. Untuk dompet dan dokumen lain, taruh di sling bag ya.

Pertanyaan bisa kamu taruh di DM Instagram atau komentar di bawah ya. Kalau mau kasih saran apa yang harus aku bahas di segmen Bepergian Ala Muslimah, don’t hesitate to give me some comment and chat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *