tomyum kedai thai baby
fathiajajan,  Indonesia,  Jakarta

Wisata Kuliner di Jakarta Edisi Blok M

Lagi di Jakarta tapi bingung pengen makan-makanan enak dalam satu tempat? Wisata kuliner Jakarta jawabannya harus cobain pergi kawasan Blok M. Udah gak perlu khawatir lagi soalnya apa aja ada. Gak perlu takut susah buat salat juga karena ada masjid yang nyaman dan besar. Apalagi Blok M terintegrasi sama banyak transportasi publik, mulai dari MRT, Transjakarta, dan bus non-BRT.

Ikuti itinerary wisata kuliner di Jakarta edisi Blok M versi aku ya! (Sudah terbukti karena aku sering banget ke sini).

Kalau kamu ada di jalur Bundaran HI- Monas- Sudirman, atau rute melewati KRL (turun di Sudirman dan langsung ke Stasiun MRT Dukuh Atas), langsung aja gas naik MRT untuk turun di Blok M. Cari keluar menuju Blok M Plaza menuju arah Taman Literasi. Turun naik lift lalu kamu akan menemukan banyak deretan makanan.

Em Gelato

Rasanya enak gak sih? Jujur, enak! Rasanya milky, rich, dan emang gelato yang pas pada umumnya. Harganya juga sekitar Rp36.000-an untuk dua scoop es krim baik di cup atau di cone. Lebih dari itu, kamu harus rogoh kocek lebih dalam. Worth to try? Yes if you are a dessert girl/boy hahaha.

Haka Dimsum

Haka Dimsum ini adalah favorit buat makan dimsum di Jakarta. Dulu sih di cabang Blok M ini cukup banyak menunya. Namun, terakhir aku ke sana, variannya jadi lebih sedikit. Hindari jam-jam after Magrib karena bisa jadi kamu harus waiting list. Apalagi kalau udah Jum’at malam atau malam Minggu, mending gausah deh hahahahah.

Setiap orang bisa merogoh kocek Rp75,000-100,000 kalau mau makan 2-3 porsi dimsum plus 1 minum ya. Paling enak sih onde-onde telor asin, hakau, dan minuman cap badak yang enggak boleh kelewat. Sisanya, gimana sukanya kamu aja.

Toko Kopi Tuku

Terlalu mainstream tapi emang rasanya enak ya mau gimana coba? Nyari kopi susu yang nyaman dan udah pasti enak, apalagi buat yang suka creamy, milky, hint kopinya masih kerasa, cobain es kopi susu tetangga Tuku aja. Longblacknya juga beneran ga main-main, rasanya ga murni pahit, ada hint sour karena arabica sih aku rasa. Rata-rata Rp20.000-25.000 an per cup ya.

Fotonya emang bukan di Tuku, ini di warteg. Kita beli Tuku di Kemanggisan take away. Foto Tuku di Blok M bisa cek di Instagramnya ya hahahaha.

Kedai Rukun Yakarta

Lurus terus dari Tuku, kamu turun ke foodcourt di Blok M Square karena banyak banget makanan berat murah dan enak. Selayaknya foodcourt, tentunya bakal nyatu dengan banyak tenan dan kursi-kursinya juga bebas sama yang lain. Salah satu tenan yang lebih dari tiga kali aku sambangi tentunya Kedai Rukun. Mereka cabang dari Kedai Rukun Yogyakarta yang menjual makanan khas jawa. Aku sering banget beli mangut lele, ndog kriwil, ndang mbojo, ikan manyung, es tape susu, es telang, hehe banyak. Biasanya aku menghabiskan Rp50ribu untuk seporsi nasi, ikan, sayur, ndog, dan minuman~ kenyang bgt.

Kedai Thai Baby

Sayang sekali, kedai ini cuma buka Senin-Sabtu sampai jam 17.00 WIB saja. Buat anak kantoran yang mau after office ke sana yo gak bisa. Aku pernah dua kali ke sana pas jam makan siang. Untungnya bisa diakses pakai MRT dari depan kantorku. Jangan lupa cobain Mango Sticky Rice yang ketannya dibanjur santan kental dan wijen bubuk. Es Thai teanya juga milky, gak terlalu manis, dan dibuat sendiri oleh bapaknya. Konon, bapaknya ini memang pernah jadi chef di Thailand. Aku pernah coba tomyumnya juga seger~ Harganya dari Rp15.000- Rp35.000 an ya. Segelas thai tea 15k, tomyum 30k, mango sticky rice 18k. Bukan Jakarta banget tapi wisata kuliner Jakarta ya bisa cobain banyak makanan apa aja 🙂

Nonton di XXI Blok M Square

Akhirnya nemu tempat bioskop di Jakarta yang harganya Rp30.000 HAHHAHAHAH. Biasanya aku nonton di sini karena dalam satu tempat bisa makan berat, salat, dan nonton. Sebelum nonton, aku naik dulu ke lantai 7 buat salat karena ada masjid yang super besar dan nyaman. Gak jauh dari masjid, tinggal jalan dan turun sekali pakai eskalator, langsung ke XXI kok. Jadi gak sulit deh mobilitasnya.

Kalau mau ke Masjid di Blok M Square, bisa langsung naik lift ke lantai 7/8, tapi biasanya lift di Blok M Square cuman sampai lantai 5. Tenang, dari situ kamu tinggal naik eskalator menuju parkiran, lalu naik tangga langsung arah ke masjid.

Mosslife Coffee

Kalau turun MRT Blok M ke arah Taman Literasi, pengen ngopi dan nyobain cake dengan harga sekitar Rp25ribu- 30ribuan, bisa melipir ke Mosslife. Seru banget di sini soalnya bisa liat ikan warna warni di tengah kafe hahaha. Es kopi Mosslife (apa ya namanya huhu) itu enak, harganya 25rb. Americanonya juga oke, bahkan ada bundle sama pastrynya. Kalau masih mau nunggu duduk lama sambil ngobrol, Mosslife boleh banget jadi tempat bincang-bincang atau ngahuleng.

Apa saja yang harus disiapkan kalau mau wisata kuliner Jakarta ke Blok M?

Rekening yang terisi uang dan baterai handphone yang full. Gak perlu ribet bawa uang cash karena semua serba pembayaran digital ya. Oh ya, kalau mau naik transportasi publik, jangan lupa bawa e-money/flazz/tapcash/jaklingko/ kartu MRT apapun, bebas sih, biar gampang aja pergi-pergi.

Pakai kaos biar nyaman dan bawa payung kalau lagi musim hujan. Jangan lupa cek cuaca sebelum pergi supaya gak riweuh aja. Tapi kalau seharian di mall sih keknya santai aja ya.

For your information, kalau mau naik KRL dari Blok M, bisa jalan ke halte CSW lalu naik sampai lantai 3 untuk naik transjakarta koridor 13 menuju Velbak. Kemudian jalan di penyebrangan menuju KRL Stasiun Kebayoran.

Kalau mau naik MRT, tinggal ke Blok M aja langsung. Kalau harus ke Tanah Abang atau stasiun transit lainnya, bisa naik MRT sampai Dukuh Atas. Lalu naik KRL Sudirman menuju Tanah Abang atau Manggarai (menuju stasiun-stasiun transit selanjutnya).

Selamat jalan lebih jauh ya!

BACA: Bumi Kiwari, Kopi di Kota Bandung Bisa Lihat Bukit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *