fathiajajan,  Malaysia,  Uncategorized

Berburu Kuliner di Penang, Ini Daftarnya

Ini kali kedua aku pergi ke Pulau Penang. Dulu, tahun 2017, aku pernah nyebrang ke Georgetown, Penang, Malaysia. Namun, hujan gak berhenti mengguyur Georgetown sampai aku gak explore bener-bener kuliner Penang. Apalagi waktu itu cuman sehari, jadi kayaknya udah lupa sama Penang.

Tahun 2024 aku kembali ke Penang (bersama husbando, ea). Sebenernya, awalnya cuman mau ke Kuala Lumpur. Namanya juga Fathia, gak bisa kalau cuman satu destinasi. Akhirnya kami lanjut ke Penang naik bus. Nah, beruntungnya kali ini ada dua hari di sana. Jadi, kami langsung saja eksplor Pulau Penang sampai ke akar-akarnya!!!

Postingan kali ini, kami mau berbagi daftar kuliner yang kami cicipi dan kalian juga wajib cicip juga soalnya ENAK T_T (nangis deh, pengen lagi ke sana. Gak pernah sekangen ini sama makanan)/

Penang Road Famous Laksa

Di Penang Road Famous ini ada berjejer kuliner yang wajib dicoba. Ada Laksa Halal yang parah sih enak banget, seger, porsi pas, dan kami sampe balik dua kali buat makan laksa terus 🙂 Laksa ini isinya mie, selada, suwir ikan, kecombrang, nanas, dan rempah-rempah yang bikin laksa ini enak banget 🙂

Di sana ada banyak tukang jualan juga yang nyamperin ngasih menu. Kami pun akhirnya coba omelette oyster dan kwetiaw. Waduh, kami ga expect apa-apa, tapi lah kok ini semuanya enak ?!!!

Maps: https://g.co/kgs/kKAUiLY

Eyescream

Tepat di depan tukang laksa, ada es krim yang harus banget dicoba sebagai dessert. Mereka jualan es krim berbagai rasa dan HALAL tentunya. Kami sih cuman berharap ini es krim aja lah ya seger gitu. Pas aku pesen es krim charcoalnya, WADUH APA INIIIII KO ENAK?!!

Es krim charcoal ini di atas cone, rasanya lembut, gak ada tekstur kering es gitu, soft, gak kemanisan, ditabur kelapa parut. Ampun, ide dari mana kelapa parut di atas es krim jadi bikin enak? Di sana juga ada jualan minuman yang kayanya sih patut kalian coba ya.

Maps: https://g.co/kgs/QzRDqVb

Cendol Penang Road Famous

Kuliner Penang yang harus dicoba setidaknya sekali aja adalah ais kacang. Di ujung jalan Penang Road Famous ada tukang cendol melegenda yang biasanya ngantri kalau mau beli. Dia jualan cendol, ais kacang, dan beragam es gitu deh. Aku beli es kacang aja yang otentik. Rasanya kaya es kacang aja sebagaimana es pada umumnya. Isinya cendol, kacang merah, sirup, dan es serut. Oke kok.

Maps: https://g.co/kgs/1H4oj2e

Ais Kacang Chew Jetty

Kuliner Penang yang aku juga sempet beli adalah es kacang yang di daerah Chew Jetty. Dia ada tempat duduknya jadi bisa sambil duduk-duduk makan ais kacang. Ais kacang di sini juga bisa ditambah es krim lho. Tapi aku mah enggak nambah es krim soalnya biar tahu rasa aslinya xixixi.

maps: https://maps.app.goo.gl/9UK8nvLWpUVD4kTj8

Hameediyah

Liat ulasan orang-orang sih kuliner halal di Penang yang terfavorit adalah Hameediyah. Restoran ini jualan nasi kandar yang full banget sama santen (macem Nasi Padang tapi aku lebih suka naspad).

Nasi kandar adalah makanan tradisional yang berasal dari Penang, Malaysia. Sejarahnya berawal dari para pedagang India Muslim yang membawa nasi bersama lauk-pauk yang dijual ke pelabuhan-pelabuhan di utara Semenanjung Malaysia. Nama “kandar” sendiri merujuk pada yoke atau kayu penggendong yang digunakan pedagang untuk membawa dua beban yang seimbang, yang umumnya berisi nasi dan berbagai jenis lauk seperti kari ikan, ayam, sotong atau daging.

Hameediyah ini bikin pelanggan selalu ngantri. Sistemnya, kita harus antri, bilang ke penjualnya mau nasi dan lauk-pauk apa, terus langsung dikasih kartu yang isinya total biaya yang harus dibayar. Kartu ini dikasih ke kasir, nanti dia langsung ngasih tau berapa harga nasi kandar yang kita pesan.

Sistem makan nasi kandar ini ala carte. Setiap makanan yang kita minta, harus bayar. Termasuk mentimun dan kol 🙁 Jangan terkecoh sama penjualnya kalau nawarin makanan, soalnya bisa jadi mahal, dan kita kekenyangan. Menurutku, pesan satu lauk aja karena porsinya luar biasa besar.

Maps: https://maps.app.goo.gl/ZEzEkVM6RFF1q2sG9

Makan Pagi Georgetown

Tempat sarapan terkenal di Georgetown ya roti bakar Hutton Lane. Selain antri, bayarnya pun harus cash. Akhirnya, kami pun jalan kaki 200 meter dan menemukan roti bakar lainnya. Nama restonya Makan Pagi. Tetep aja ngantri sih, cuman di sini konsepnya resto jadi bisa duduk di dalam ruangan dan bisa bayar debit (penting banget wkwkw).

Kita pesen roti bakar telur, kwetiaw, dan kopi butter. Cukup oke sih, cuman kwetiawnya tetep lebih enak di Penang Road Famous Laksa. Roti bakarnya enak, kopi butternya pait dan butternya nempel gak teraduk. Jadi kayaknya beli yang hot aja ketimbang ice, hahaha.

Maps: https://maps.app.goo.gl/2Dsmmf19fCADhQTd7

BACA YANG LAIN: Rekomendasi Cafe di Hatyai Thailand

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *